Akses jalan dan jembatan penghubung antar desa atau yang biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan nama jembatan lalay, yang berada desa Sirnajaya, jembatan ini dibangun pada jaman peninggalan kolonial Belanda yang menghubungkan antar desa, dikecamatan Warungkiara kabupaten Sukabumi.

kondisi jembatan lalay saat ini belum pernah diperbaiki lagi, setelah sekian lama jembatan lalay dipergunakan oleh warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Akses jalan dan jembatan tersebut merupakan sarana infrastruktur yang  sangat penting dan menjadi salah satu penunjang dalam kehidupan perekonomian, semua lapisan masyarakat, karena dapat menghubungkan 4 desa diantaranya yaitu Desa Sirnajaya, Desa Bantarkalong, Desa Mekarjaya, dan Desa Hegarmanah. Bahkan menjadi salah satu alternatif akses penghubung menuju Kecamatan Jampang tengah.

Mengingat jembatan lalay tersebut merupakan salah satu akses,  apabila dibiarkan rusak, karena besi yang berkarat, dan disepanjang jalan ini pun sangat rawan terjadi longsor, apalagi disaat musim penghujan tiba. Karena jalannya berada di antara tebing dan pinggir sungai cimandiri.

Pihak pemerintah desa sendiri dalam hal ini, Desa Sirnajaya dan Desa Bantarkalong pernah mengajukan perbaikan jembatan lalay secara permanen Kepemerintah kabupaten sukabumi, dan perbaikan pembangunan baik  pengaspalan jalan, drainase ataupun pembangunan TPT disepanjang jalan yang rawan longsor. Akan tetapi sampai saat ini belum adanya realisasi pelaksanaan perbaikan pembangunan sarana tersebut.

Masyarakat berharap pemerintah kabupaten sukabumi ataupun pemerintah provinsi dan pusat, secepatnya segera merealisasikan perbaikan pembangunan jalan dan jembatan lalay tersebut , atau ada solusi jalur alternatif lain pemindahan lokasi jembatan dan jalan agar terhindar dari bencana longsor.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan