Dalam rangka menyambut hari bahasa ibu internasional tahun 2020
Paud Baitul Maqdis caringin menggelar kegiatan MI ELING BASA INDUNG INTERNASIONAL, berupa  pasanggiri tari sunda, kawih sunda, sajak sunda, Pencak Silat,  seni angklung,  paguneman dan puisi berantai,serta aneka kamonesan atau kreativitas sunda lainnya, yang di pungkas dengan Murak atau makan bersama makanan2 khas sunda seperti bajigur,  dodongkal ,  kue ali,  seupan cau,  kulub jagong,  kulub sampeu,  kulub suuk,  seupan boled,  putri noong,  bakecrot,  katimus,comro, dll.

Kegiatan yang di awali dengan menyanyikan bersama Mars sukabumi ini,  di hadiri langsung oleh ketua yayasan elbait Hj. Elis Nurbaeti, segenap guru dan staf pengajar,  serta  orang tua wali murid , Bertempat di halaman Paud Baitul Maqdis kecamatan caringin, kabupaten sukabumi, dengan mengambil Thema, : Mieling Poe Basa Indung Internasional.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan pembelajaran positif kepada murid agar senantiasa melestarikan adat istiadat, bahasa dan seni budaya indonesia, khususnya budaya sunda

Kepala Paud Baitul Maqdis Caringin
menjelaskan bahwa, kegiatan ini sangatlah bernilai positif karena di era milenial pada saat ini masih banyak generasi penerus khususnya di kalangan anak anak yang kurang mendapatkan pemahaman tentang adat istiadat dan budaya leluhurnya. Bahkan seiring derasnya proses akulturasi budaya, sebagai dampak penetrasi teknologi di era global,  tidak jarang generasi muda lebih familier dengan budaya asing dari pada budayanya sendiri.

Berharap kedepannya murid murid akan lebih mengenal budaya sunda guna membangkitkan kembali kecintaannya terhadap budaya warisan leluhur tsb,  sehingga setiap generasi tidak pernah kehilangan jati diri dan selalu bertanggung untuk melestarikannya.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan