Dalam rangka menciptakan visi misi Desa Pasirhalang dalam pemberdayaan masyarakat sekaligus upaya meningkatkan ekonomi masyarakat, Pemerintah Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kab. Sukabumi.

Menggelar program diklat membatik tulis berbasis kompetensi onsite ( baca: onsait) tahun 2020 yang merupakan program dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia dan satu satunya desa di kabupaten sukabumi yang mendapatkan program ini melaui Balai Diklat Industri Jakarta.

Kegiatan pelatihan membatik tersebut, diikuti 50 warga desa pasirhalang dan pandu oleh beberapa instruktur  yang di datangkan dari Cilacap, jawa tengah yang ahli dalam membuat batik,  Bertempat Aula kantor desa pasirhalang, kecamatan sukaraja, kabupaten sukabumi, yang berlangsung  dari tanggal 10 sampai 30 maret 2020 mendatang.

Sementara itu, Kades Pasirhalang, RM. Yusuf Purnama, mengatakan dengan adanya program ini,  diharapkan bisa menginspirasi masyarakat untuk  terciptanya lapangan kerja mandiri.
Kedepannya kabupaten sukabumi diharapkan akan mampu menciptakan produk batik unggulan yanh menjadi icon sukabumi khususnya produk batik pasirhalang.

Instruktur diklat batik tulis menjelaskan bahwa selama memberikan pembelajaran kepada para peserta diklat desa pasirhalang,  merasa terkesan karena para pesertanya sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dimana peserta ditargetkan minimal 18 hari kerja harus sudah menguasai keterampilan membatik.

Dalam prosesnya nanti,  pembuatan batik memerlukan waktu paling lama 15 hari dan paling cepat bisa diselesaikan selama 1 hari sesuai motif dan kerumitan pengerjaannya.
Adapun bahan dasarnya antara lsin,  kain katun, prima atau primisima, sutra, mitola, serat nanas. Sedangkan tintanya dari bahan malam atau lilin batik.

https://www.youtube.com/watch?v=ipZWKApdHU0

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan