elbaittv.com – Ratusan hektar lahan pertanian sawah yang merupakan satu-satunya mata pencaharian masyarakat Kp. Kaum Desa Hegarmanah Kec. Warungkiara Kab. Sukabumi kini
tidak bisa ditanami padi dan sebelumnya mengalami gagal panen di karenakan hulu bendung dan saluran irigasinya rusak fatal, padahal Lahan pertanian tersebut merupakan salah satu lumbung padi di desa Hegarmanah.

Kerusakan terjadi ketika musim hujan terus menerus akhir-akhir ini yang mengakibatkan debit sungai bertambah besar sehingga terjadinya banjir bandang Sungai Cimandiri.
Dampak dari kerusakan tersebut, masyarakat dengan masing-masing keahlian memanfaatkan ratusan hektar lahan pertaniannya dengan menanam tanaman palawija lain seperti kacang-kacangan, jagung dengan semampunya.

Pihak desa sudah meninjau langsung bendungan yang panjang 100 mtr dan saluran irigasi panjang 1,5 km yang rusak tersebut sebagai bahan ajuan perbaikan baik ke Pemda Kabupaten, Provinsi maupun Pusat

Masyarakat merasa khawatir yang biasanya
dari lahan tersebut menghasilkan produksi panen padi 5 hingga 6 ton perhektar, kini tidak lagi bisa diandalkan.
Harapan saat ini ,baik hulu bendungan ataupun saluran nya bisa segera diperbaiki sementara sambil menunggu anggaran dari pemerintah.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan