elbaittv.com – Sejumlah tenaga kesehatan atau (nakes) terima vaksin Sinovac di Badan Layanan Umum daerah (Blud) Unit Pelaksana Teknis Daerah (Uptd) puskesmas Girijaya, kecamatan Nagrak, kabupaten Sukabumi, pada jum’at 29/01/2021.

Kegiatan vaksinasi Coronavirus disease (Covid-19) di lakukan di Uptd puskesmas Girijaya, dihadiri oleh Forum Komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopincam) Nagrak, Kepala Desa serta puluhan petugas kesehatan Uptd Puskesmas Girijaya.

Penyuntikan vaksin di lakukan oleh tim medis Uptd puskesmas Girijaya yang di koordinir oleh Kepala Uptd Puskesmas Girijaya, Maman Suparman.

Sementara itu, untuk tahapan-tahapan vaksinasi, kepada calon penerima vaksin Covid-19 telah melakukan registrasi ulang dan datang tepat waktu sesuai jadwal yang di tentukan. Adapun beberapa tahapan yang akan di lalui oleh calon penerima vaksin Covid-19 seperti:

Meja I. (Pendaftaran dan Verifikasi)
Calon penerima vaksin Covid-19 menunjukkan e-ticket dan bukti indentitas lainnya untuk dilakukan verifikasi, jika indentitas sudah terverifikasi, calon penerima vaksin melanjutkan ke meja II.

Meja II.(Proses Screnning)
Petugas kesehatan melakukan anamnesia dan pemeriksaan fisik secara medis untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid) jika calon penerima vaksin sehat, maka vaksinasi dapat di lakukan.

Meja III. (Vaksinasi)
Calon penerima vaksin diberikan vaksin Covid-19 secara aman oelh tenaga terlatih.

Meja IV (Pencatatan dan Observasi)
Petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi. Penerima vaksin diobservasi selama 30 menit untuk memonitor efek samping Kejadian ikutan Pasca imunisasi (KIPI). Penerima vaksin menerima kartu vaksinasi.

Menurut Maman Suparman, Uptd Puskesmas Girijaya menerima 25 vial vaksin Sinovac dari Dinas Kesehatan kabupaten Sukabumi pada Rabu (27/012021) dari gudang farmasi yang berada di jalan raya Karangtengah, km 14 no 742, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Sebelum di lakukan Vaksinasi kepada nakes, Uptd puskesmas Girijaya bersama Forkopincam Nagrak melakukan zoom meeting  bersama Forkompinda Kabupaten Sukabumi melalui Video Converence (Vicon)
yang berlokasi di Pkm Cisaat. Setelah itu baru di laksanakan Kegiatan Vaksinasi di Uptd Puskesmas Girijaya.

Vaksin Sinovac sendiri bertujuan untuk melindungi diri dan keluarga dari Penyebaran Coronavirus Disease atau (Covid-19) dari hasil Vaksinasi yang di lakukan kepada para nakes di Uptd Puskesmas Girijaya terlihat berjalan dengan baik Tampa ada hambatan, tidak ada hal-hal yang perlu dikhawatirkan. Artinya tidak ada efek samping yang membahayakan, semua fungsi berjalan dengan baik, aman, sehat dan lancar.

REPORTER : Rudi Tanjung 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan