YAYASAN TERJANG BANTU ELIMINASI TUBERKULOSIS ( TBC ) DI JAWA BARAT

0

elbaittv.com – KasusTuberkulosis (TB ) di Indonesia saat ini masih menduduki ranking tertinggi didunia setelah India dan China.
WHO Global TB Report 2021 memperkirakan tidak kurang dari 824.000 orang di Indonesia terpapar Tuberkulosis ( TBC ), dan Jawa Barat menduduki Ranking 1 penyumbang Kasus TB terbanyak dibanding provinsi lain di Indonesia.

Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan semua pihak untuk dapat mengeliminasi Tuberkolusis ( TBC ) 2030 sesuai target yang ditetapkan pemerintah melalui Perpres no.67 tahun 2021.

Salah satu lembaga komunitas yang konsen pada issue Tuberkolusis ini adalah Yayasan Tetap Berjuang ( TERJANG ) yang berdomisili di Bandung Jawa Barat.Yayasan Terus Berjuang (TERJANG) Jawa Barat merupakan organisasi berbasis mantan pasien dan pasien konversi Tuberkulosis Resistan Obat atau TBRO di Jawa Jawa Barat.

Ketua Yayasan TERJANG Dewi Wulan menjelaskan bahwa Kegiatan yang dilakukan komunitas nya adalah berupa pendampingan dan pelacakan pasien mangkir, misal satu dua hari mangkir berobat, si pasien dilacak dan dipanggil, Pasien dan keluarganya diberikan edukasi dengan pendekatan humanistik dan tidak memaksa, hanya saja pasien diberi tahu dampak dan resiko jika tidak melakukan pengobatan secara benar.

Ketua Yayasan TERJANG Dewi Wulan dan Anggota TERJANG

Selanjutnya Dewi juga menyampaikan bahwa hingga saat ini, dengan dibantu 39 relawan di 14 kabupaten/kota di Jawa Barat, sedikitnya 400 orang klien sudah berhasil didampingi oleh TERJANG , melalui metode TOSS yaitu singkatan dari Temukan Obati Sampai Sembuh.

Dewi berharap perjuangan diri serta relawan lainnya di komunitas TERJANG yang juga pernah merasakan penderitaan yang sama akibat Tuberkulosis, mendapatkan respon positif dari para penyintas, termasuk pemerintah sehingga jangan lagi banyak kasus serupa yang dialami masyarakat.

Sumber: Team elbaittv

Artikulli paraprakKODIM 0622/KAB. SUKABUMI GELAR PENYULUHAN TERNAK DOMBA DI LOKASI TMMD KE 113
Artikulli tjetërYPJ DAN STPI GELAR PELATIHAN JURNALISTIK TERKAIT TUBERKULOSIS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini