SIAP-SIAP, TAHUN DEPAN (2023) TENAGA HONORER DIHAPUS

0

elbaittv.com- Resmi sudah, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo menerbitkan surat edaran yang berisi penghapusan tenaga honorer.
Melalui surat bertitimangsa 30 mei 2022, yang ditujukan kepada para PPK di lingkungan kementrian/lembaga Instansi Pusat dan Instansi Daerah, Tjahjo Kumolo memerintahkan
Untuk menghapuskan jenis kepegawaian selain PNS dan PPPK dilingkungan instansi masing – masing dan tidak melakukan perekrutan non-ASN.

Pada angka 6 butir c surat edaran tersebut, dinyatakan bahwa bila dibutuhkan Tenaga Kebersihan, Pengemudi, satpam dapat dilakukan melalui tenaga Alih daya (outsourcing) oleh pihak ketiga yang statusnya bukan honorer insransi.

Dijelaskan pula bahwa bagi pegawai non-Asn yang memenuhi syarat, dapat diberi kesempatan mengikuti seleksi calon PNS maupun PPPK, sedangkan bagi yang tidak memenuhi syarat sudah harus dihapuskan maksimum pada 28 November 2023 mendatang.

Selanjut nya dikutip dari www. viva.co.id ( 04/06/22 ) Tjahjo Kumolo mengatakan, “Pemerintah menaruh perhatian khusus terhadap penyelesaian dan penanganan tenaga honorer yang telah mengabdi di lingkungan instansi pemerintah”,
Langkah ini dilakukan seiring dengan pelaksanaan reformasi birokrasi, khususnya penataan SDM aparatur dan penguatan organisasi instansi pemerintah.
“Langkah strategis ini sesuai kesepakatan dengan DPR,” ujarnya.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, lanjut Tjahjo, pada 2005 hingga 2014, pemerintah telah mengangkat THK-I sebanyak 860.220 dan THK-II sebanyak 209.872. Maka,tenaga honorer yang diangkat totalnya 1.070.092. Di samping itu, Tjahjo mengatakan pemerintah memberi kesempatan bagi para tenaga honorer menjadi calon PNS. Dari 648.462 THK-II yang ada di-database, terdapat 209.872 THK-II yang lulus seleksi tahun 2012.

Sebanyak 438.590 THK-II mengikuti seleksi CASN (CPNS dan PPPK), per Juni 2021 (sebelum pelaksanaan seleksi CASN 2021), terdapat sisa THK-II ada 410.010 orang. Oleh karena itu, Tjahjo menambahkan dalam rangka penataan ASN sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, PPK diminta untuk melakukan pemetaan pegawai non-ASN di lingkungan instansi masing-masing

“Bagi yang memenuhi syarat, dapat diikutsertakan atau diberikan kesempatan mengikuti seleksi calon PNS maupun PPPK,” tandasnya

Seperti diketahui THK II adalah orang yang terdaftar dalam database eks tenaga honorer BKN.

Berharap segenap masyarakat khusus nya tenaga honorer, agar terus berupaya meningkatkan kapasitas nya agar dapat bersaing dan tidak tereliminasi oleh kebutuhan kepegawaian yang handal diera persaingan global ini.

Artikulli paraprakBUDI ZABUR, PENGUSAHA MILENIAL SUKABUMI SIAP SUPPORT PAGUYUBAN PASUNDAN
Artikulli tjetërJUARA RENANG SUKABUMI DARI HOBI MENJADI PRESTASI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini